E-Commerce dan E-business
E-Commerce
Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):
- E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama. (Robert E. Johnson)
- E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir).
- Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepon dsb. (Donna Perry)
Ruang Lingkup E-commerce
Electronic Business, mrpkn lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
Electronic Commerce, mrpkn perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:
Electronic Commerce, mrpkn perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:
- Perdagangan Via internet
- Perdagangan dengan fasilitas web internet
- Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik
Komponen E-Commerce
Electronic Data Interchange (EDI), sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi
- Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik
- Electronic Catalogs, mrpkn antar muka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman www berisi informasi tentang penawaran produk dan jasa.
Keuntungan E-commerce
Bagi pengelola bisnis:
- Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia
- Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu Bagi konsumen
- Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi manajemen:
- Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan
Kelebihan E-Commerce
- Otomatisasi, menggantikan proses manual
- Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
- Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
- Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
- Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain
E-Business
Definisi Electronic Business (E-Business):
- E-business merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam teknologi informasi (TI), khususnya teknologi jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya
- E-business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah dan media massa, termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya
Model-Model E-Business
- B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
- B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
Kategori-Kategori E-Business
Jenis E-Business |
Karakteristik |
B2C
(Business to Consumers
|
•
Antara organisasi
dengan
perorangan
•
Nilai
uang
yang dilibatkan
lebih
kecil
•
Transaksi
tidak
sering
terjadi
•
Secara
relatif
sederhana
|
B2B
(Business to Business):
B2G
(Business
to government):
B2E
(Business
to education):
|
•
Antar
organisasi
•
Nilai
uang
yang dilibatkan
lebih
besar
•
Hubungan
yang kuat
dan
berkelanjutan
•
Pemberian
kredit
oleh
penjual
ke
pelanggan
•Lebih
kompleks
|
Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis
- Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
- EDI: Meningkatkan tingkat akurasi & Mengurangi biaya
Faktor-faktor keberhasilan E-Business
- Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business. Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
- Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : –Validitas, Integritas, dan Privasi.
No comments:
Post a Comment