Monday, October 9, 2017

E-Commerce dan E-business

E-Commerce

Definisi Electronic Commerce (E-Commerce):

  • E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama. (Robert E. Johnson)
  • E-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir).
  • Kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, Fax, telepon dsb. (Donna Perry)

Ruang Lingkup E-commerce

Electronic Business, mrpkn lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
Electronic Commerce, mrpkn perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup:
  • Perdagangan Via internet
  • Perdagangan dengan fasilitas web internet 
  • Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik

Komponen E-Commerce

Electronic Data Interchange (EDI), sbg pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi
  • Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik
  • Electronic Catalogs, mrpkn antar muka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman www berisi informasi tentang penawaran produk dan jasa.

Keuntungan E-commerce

Bagi pengelola bisnis: 
  • Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia
  • Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu Bagi konsumen
  • Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat
Bagi manajemen: 
  • Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan

Kelebihan E-Commerce

  • Otomatisasi, menggantikan proses manual
  • Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses 
  • Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan 
  • Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” 
  • Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yg melibatkan institusi lain

E-Business

Definisi Electronic Business (E-Business): 

  • E-business merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam teknologi informasi (TI), khususnya teknologi jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya
  • E-business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah dan media massa, termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya

Model-Model E-Business

  • B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
  • B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)  

Kategori-Kategori E-Business 


Jenis E-Business


Karakteristik


B2C (Business to Consumers

• Antara organisasi dengan perorangan

• Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil

• Transaksi tidak sering terjadi

• Secara relatif sederhana

B2B (Business to Business):

B2G (Business to government):

B2E (Business to education):

• Antar organisasi

• Nilai uang yang dilibatkan lebih besar

• Hubungan yang kuat dan berkelanjutan

• Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan

•Lebih kompleks

 

Pengaruh-pengaruh E-Business atas proses Bisnis

  • Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.
  • EDI: Meningkatkan tingkat akurasi & Mengurangi biaya

Faktor-faktor keberhasilan E-Business

  • Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business. Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
  • Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : –Validitas, Integritas, dan Privasi.






No comments:

Post a Comment